Hubungi kami di

Makan Enak

Soto Semarang Pahlawan, Kuliner Praktis dan Ekonomis

iqbal fadillah

Terbit

|

Soto Semarang Pahlawan, di Komplek Pertokoan Batam Centre Square Blok. C no. 6, Jl. Engku Putri, Batam Centre. Photo : @Zhr/GoWestId

MESKI pandemic Covid-19 masih menghantui kehidupan masyarakat di berbagai bidang, tidak lantas menyurutkan orang untuk terus berupaya berkarya dalam menciptakan peluang usaha.

Seperti halnya dengan Hastan, di tengah-tengah musim Covid-19 ini memberanikan diri untuk membuka usaha kuliner yang praktis dan ekonomis, berupa kedai Soto dengan label Soto Semarang Pahlawan.

Menurut pria yang sehari-harinya bergelut dengan usaha perhotelan di Batam ini, usaha kuliner yang dijalaninya ini berangkat dari kesukaannya menikmati kuliner soto, terutama soto dari kota Semarang.

“Ya memang saya suka makan soto, terutama soto dari Semarang ini. Dan di Batam ternyata banyak juga yang suka, jadi saya coba usaha ini” kata Hastan kepada GoWest Indonesia, Kamis (1/10).

Hastan juga bercerita, usaha kuliner yang dirintisnya ini pernah dijalaninya satu tahun yang lalu. Namun karena adanya pandemi Covid-19 di awal bulan Maret 2020, usaha kuliner yang ia buka di kawasan Mitra Raya 2 Batam Centre tersebut ia tutup.

“Awalnya saya buka setahun lalu di pasar Mitra Raya 2, namun karena di bulan Maret mulai adanya wabah Covid-19 terpaksa ditutup, dan ini kami coba mulai kembali. Walaupun masih suasana Covid-19, tapi saya optimis akan lancar karena aktifitas dan kegiatan masyarakat pun sudah mulai ramai” jelas Hastan.

Sementara itu penanggung jawab sehari-hari kedai Soto Semarang Pahlawan, Hasan, mengungkapkan, sajian soto di tempatnya terbilang cukup praktis dan ekonomis. Satu mangkuk soto panas yang telah dicampur dengan nasi, bihun, irisan daging ayam kampung cukup dibayar dengan harga Rp. 12.000, cukup terjangkau isi kantong semua kalangan.

“Harganya ekonomis, mas. Satu mangkuk ukuran sedang cukup Rp. 12.000 saja. Satu mangkuknya berisi soto ayam, campur nasi dan bihun” terang Hasan.

Mengenai racikan bumbunya, Hasan mengungkapkan semua bumbunya asli racikan dari tempat asal soto itu sendiri yakni kota Semarang.

“Bumbunya asli dari Semarang. Di sana kan soto yang terkenal yang di jalan Pahlawan itu” tutur Hasan.

Tania, salah seorang pengunjung mengungkapkan, komposisi bumbu soto di kedai ini cukup pas di lidahnya, dengan kuah hangat yang bening dan aroma bumbu yang khas cukup membuat orang tergoda untuk menikmatinya.

Menurut Tania, harga per satu porsi soto yang ditawarakan pun cukup terjangkau untuk kalangan muda milinealis seperti dirinya.

“Bumbunya sangat terasa khasnya dan nikmat. Dengan kuah yang bening dan hangat orang akan tergoda untuk merasakannya. Harganya paslah, buat anak-anak muda seperti saya” tutur Tania.

Selain menyajikan menu utama soto ayam kampung, di kedai Soto Semarang Pahlawan juga tersaji makanan pelengkap lainnya seperti tempe mendoan, sate telur puyuh dan tahu bacem.

So, anda yang hobi kuliner soto, jangan lewatkan kuliner khas Semarang yang satu ini. Anda bisa mengunjunginya di Komplek Pertokoan Batam Centre Square Blok. C no. 6, Jl. Engku Putri, Batam Centre.

Selamat menikmati sajian soto dari Soto Semarang Pahlawan.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook