Hubungi kami di

Ini Batam

Atasi Banjir, DBMSDA Batam Turunkan Alat Berat dan Tim Khusus

Terbit

|

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur. F. Dok. Tribunnews.com

KEPALA Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam, Yumasnur, mengatakan untuk mempercepat mengatasi masalah banjir di sejumlah titik, pihaknya menurunkan alat berat.

Tidak hanya itu, Yumasnur mengungkapkan selain menggunakan alat berat, pihaknya juga menugaskan tim khusus untuk membersihkan drainase yang tersumbat.

“Hujannya luar biasa derasnya, selain itu kondisi laut juga pasang, sehingga menghambat aliran air ke laut. Mereka (tim) lagi di lapangan sekarang,” ujar Yumasnur, Kamis (6/10/2022).

BACA JUGA :  14 Rumah di Bintan Rusak Dihantam Angin Kencang

Pada Kamis (6/10/2022) kemarin, hujan deras mengguyur wilayah Kota Batam hingga membuat sejumlah titik lokasi menjadi banjir di antaranya di Kawasan Jodoh, Nagoya, Tiban Kampung, dan beberapa perumahan lainnya.

Yumasnur mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam selalu berupaya untuk mengantisipasi banjir serta melakukan pendataan ulang terhadap titik banjir setiap tahunnya.

“Pasalnya DBMSDA memiliki target mengurangi titik banjir yang sudah ada. Kalaupun ada titik baru, kita tetap update. Diakibatkan adanya pembangunan misalnya,” jelasnya.

BACA JUGA :  Harlah Satu Abad, Pemko Tanjungpinang Hadiahkan Pembangunan Graha NU

Lebih lanjut Yumasnur menjelaskan kawasan Nagoya Batam merupakan titik banjir yang sering terjadi karena lokasinya berdekatan dengan laut.

“Ada beberapa penyebab banjir, yaitu yang tadinya area resapan air, tapi di bangun gedung. Kedua, Batam ini ketinggiannya dengan level air laut tak jauh berbeda, jadi pengaruh dengan pasang surut air laut. Lalu ada juga drainase yang tersumbat. Pengaruhnya intensitas curah hujan yang tinggi juga,” jelas Yumasnur lagi.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid